Apa Untungnya Pakai eSIM Dibanding Kartu SIM Biasa?

In Teknologi 4 views

Teknologi smartphone saat ini terus mengalami perkembangan dan perubahan, salah satunya yaitu menciptakan komponen smartphone dengan ukuran yang lebih kecil yang dinamakan eSIM. Lain halnya dengan ruang komponen yang ada pada komputer, ruang komponen di smartphone sangatlah terbatas.

Slot kartu SIM adalah salah satu komponen yang sudah mengalami pengecilan ukuran. Dari mulai kartu SIM, mikro SIM, nano SIM, dan saat ini sudah hadir eSIM. Apa pengertiannya dan apa untungnya pakai eSIM dibanding kartu SIM biasa?

Apa Itu eSIM?

eSIM merupakan embedded SIM atau kartu SIM yang telah tertanam. Dengan demikian, kartu SIM ini telah ada ketika pertama kali kita membeli smartphone. Untuk ukuran komponennya ini terbilang sangat kecil jika dibandingkan dengan komponen lainnya.

Dengan adanya eSIM, saat ini produsen smartphone tidak perlu lagi menciptakan komponen slot kartu SIM dan hanya perlu menciptakan komponen yang ukurannya jauh lebih kecil. Keuntungan yang diperoleh saat menggunakan eSIM ini juga lebih banyak jika dibandingkan menggunakan kartu SIM biasanya.

Bagaimana Cara Menggunakan eSIM?

Perlu anda ketahui, Smartfren termasuk operator yang support. Kemudian untuk perangkat yang sekarang ini sudah support yaitu iPhone. Mungkin kedepannya juga akan semakin banyak lagi perangkat dan bahkan operator selular lain yang mendukung penggunaan eSIM ini. Lantas bagaimanakah cara penggunaannya?

Nah, untuk anda semuanya yang belum mengetahui bagaimana cara penggunaannya, maka untuk cara menggunakannya anda hanya perlu melakukan scan QR Code yang telah disediakan di Smartfren. Dan setelah anda melakukan scan, maka secara otomatis smartphone anda akan menggunakan layanan dari Smartfren. Caranya memang sangat mudah.

Selanjutnya, apabila ada operator selular lainnya yang sudah mendukung, maka anda hanya perlu melakukan scan ulang saja QR Code. Jika tidak, anda bisa install aplikasi tertentu yang dimiliki oleh operator tersebut. Setelah itu, anda semua bisa langsung menggunakannya.

Perangkat yang menggunakan eSIM pada umumnya merupakan perangkat flagship yang memiliki harga mahal. Untuk anda yang menggunakan iPhone, anda bisa menggunakanny dengan cara yang disebutkan diatas.

Kelebihan

Meskipun belum semua perangkat menggunakan eSIM, namun ada banyak untungnya dibanding kartu SIM biasa. Apa saja keuntungannya? Simak ulasan berikut ini:

1. Tersedia Sistem Dual SIM

Sistem dual SIM merupakan fitur telepon yang bisa dikatakan cukup penting. Namun tidak semua smartphone memiliki sistem dual SIM ini. Nah, dikabarkan kedepannya smartphone yang mempunyai komponen eSIM ini akan dibekali dengan kemampuan dual SIM.

2. Ukurannya Lebih Kecil dan Lebih ringan

Ukuran juga selalu menjadi masalah yang ada pada smartphone premium. Nah, dengan adanya eSIM ini bisa lebih membantu untuk menghemat ruang pada perangkat keras smartphone yang baru. Karena ukurannya yang lebih kecil, maka produsen smartphone bisa memanfaatkan ruang ekstra untuk komponen lain seperti halnya baterai.

3. Smartphone Waterproof

Saat ini smartphone sudah diciptakan dengan keunggulan seperti tahan air. Dengan adanya keunggulan waterproof atau tahan air ini, maka smartphone ini bisa dipakai di segala kondisi.

Pemakaian eSIM ini tidak membutuhkan celah di sasis telepon yang akan menjadikannya semakin mudah untuk menjaga bodi yang eksterior yang tahan air.

4. Harga Komponen eSIM Lebih Murah

Dalam pembuatan ponsel dengan eSIM ini, harga berbagai komponennya terbilang lebih murah jika dibandingkan yang dibutuhkan untuk mendukung SIM standar.

5. Mudah Ganti Nomor

Keuntungan utama yang dimiliki oleh eSIM ini diantaranya para pelanggan dapat dengan cepat mengganti nomor operator mereka kapan saja waktunya. Dan anda juga tidak perlu lagi kartu fisik yang baru dari perusahaan.

Tak hanya itu saja, beberapa komponen merupakan rewritable atau dapat ditulis ulang. Ini berarti apabila anda nantinya ingin mengganti operator selular, anda semuanya hanya tinggal scan QR Code atau menginstall aplikasi dari operator yang lainnya.

Kelemahan

Meskipun eSIM memiliki banyak keunggulan, namun juga terdapat beberapa kelemahan. Salah satunya yaitu ada kemungkinan pada saat anda membeli smartphone langsung dari operator selular, maka anda semuanya tidak akan dapat mengganti ke operator yang lainnya.

Kelemahan selanjutnya yaitu pada masalah keamanan. Karena ini merupakan komponen yang bisa ditulis ulang. Maka untuk kartu SIM yang tradisional, mereka tidak didesain untuk diakses dari jarak jauh. Yang mana, anda semua harus menanamkannya pada slot kartu SIM.

Ketika menggunakan eSIM ini, anda akan merasa kesulitan apabila anda mempunyai masalah jaringan yang lambat. Sebab apabila anda menggunakan kartu SIM tradisional, ketika anda mengalami kesulitan jaringan, maka anda bisa mencoba kartu SIM tersebut di smartphone lain. Nah, jika anda menggunakan eSIM, maka hal ini tidak bisa dilakukan.

eSIM juga tidak bisa dilepas dan dipasang. Jadi kalau SIM card itu dapat dilepas dan juga dipasang, akan tetapi embed atau bisa diartikan langsung tertanam pada device. Sehingga tidak bisa dilepas dan juga tidak bisa dipasang kembali seperti SIM card pada umumnya.

Sebenarnya, eSIM ini bukanlah hal yang baru. Namun, popularitasnya menjadi semakin booming dari waktu ke waktu. Kedepannya, penggunaannya ini mungkin akan menjadi semakin populer dan bisa jadi kedepannya akan banyak operator seluler yang bakal support.

Dengan mengetahui kelemahan dan untungnya pakai eSIM dibanding kartu SIM biasa, mungkin ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda semuanya sebelum memilih membeli handphone yang telah support.

[su_note note_color=”#ffffff”] Baca Juga : Apa Itu Telkomsel Cloudmax dan Bagaimana Cara Daftarnya?
[/su_note]
No related post!

Leave a reply "Apa Untungnya Pakai eSIM Dibanding Kartu SIM Biasa?"


Top
Secured By miniOrange